PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA GURU
MATEMATIKA SMA
WILAYAH BINA 03 KABUPATEN LEBAK
“Dalam rangka pembaharuan sistem pendidikan
nasional telah ditetapkan visi, misi dan strategi pembangunan pendidikan
nasional. Visi Pendidikan Nasional 2025 adalah dihasilkannya insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif. Dan untuk
mencapai visi tersebut melewati pertahapan visi 2014 yakni : Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan
Nasional untuk Membentuk Insan Indonesia Cerdas Kompetitif.”
A. Landasan Kegiatan
Guru
adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting
dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu
berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang
bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi,
memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian.
Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa dan
negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, profesi guru perlu
dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional
guru. Selain itu, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional
guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan Penilaian
Kinerja Guru (PK GURU) yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang
berkualitas di semua jenjang pendidikan.
Menurut
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Nomor 16 Tahun 2009, PK GURU adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas
utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru
dalam penguasaan pengetahuan, penerapan pengetahuan dan keterampilan, sebagai
kompetensi yang dibutuhkan sesuai amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Penguasaan kompetensi dan penerapan pengetahuan serta keterampilan guru, sangat
menentukan tercapainya kualitas proses pembelajaran atau pembimbingan peserta
didik, dan pelaksanaan tugas tambahan yang relevan bagi sekolah/madrasah,
khususnya bagi guru dengan tugas tambahan tersebut. Sistem PK GURU adalah
sistem penilaian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam
melaksanakan tugasnya melalui pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan
dalam unjuk kerjanya. Secara umum, PK GURU memiliki 2 fungsi utama sebagai
berikut.
1.
Untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan
yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas
tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Dengan demikian, profil
kinerja guru sebagai gambaran kekuatan dan kelemahan guru akan teridentifikasi
dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap
guru, yang dapat dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB.
2.
Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran,
pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi
sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun tersebut. Kegiatan penilaian
kinerja dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari proses pengembangan karir
dan promosi guru untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya.
Hasil PK GURU diharapkan dapat bermanfaat
untuk menentukan berbagai kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu dan
kinerja guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam
menciptakan insan yang cerdas, komprehensif, dan berdaya saing tinggi. PK GURU
merupakan acuan bagi sekolah/madrasah untuk menetapkan pengembangan karir dan
promosi guru. Bagi guru, PK GURU merupakan pedoman untuk mengetahui unsur-unsur
kinerja yang dinilai dan merupakan sarana untuk mengetahui kekuatan dan
kelemahan individu dalam rangka memperbaiki kualitas kinerjanya. [1]
B.
Pelaksanaan PK Guru
Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu
pendidikan nasional, diantaranya adalah merevitalisasi Kelompok Kerja Guru
(KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Sehingga keberadaan dan
kegiatannya dapat memberikan manfaat langsung baik bagi siswa, guru, sekolah
dan masyarakat.
Menurut Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen
Dikdasmen Depdiknas (STANDAR KOMPETENSI
GURU SMA, 2004 ), terdapat beberapa
masalah yang berkaitan dengan pengembangan
profesionalisme guru, antara lain : (1)
adanya keberagaman kemampuan guru. (2) belum adanya alat ukur yang akurat untuk mengetahui
kemampuan guru. (3) pembinaan yang
dilakukan belum mencerminkan kebutuhan, dan (4) kesejahteraan guru yang belum memadai.
MGMP ( Musayawarah Guru Mata Pelajaran )
merupakan salah satu wadah guru untuk mengubah dampak negatif dari
keberagaman kemampuan guru menjadi potensi yang justru menjadikan guru lebih
aktif, kreatif dan inovatif dalam
menjalankan tugas profesionalnya. Melalui keberagaman kemampuannya, dalam wadah MGMP guru melakukan kegiatan ”
silih asah, silih asih dan silih asuh ”.
Pada tahun 2011 pemerintah melalui LPMP
Propinsi Banten bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan
Musyawarah Kelompok Kepala Sekolah (MKKS) menyediakan fasilitasi dalam rangka
pelaksanaan revitalisasi KKG dan MGMP berupa Penilaian Kinerja Guru sering
disebut PK Guru.
Berlatar belakang hal tersebut di atas, pada
tahun 2011 MGMP Matematika SMA Wilbi 03 Kabupaten Lebak menyelenggarakan
kegiatan PK Guru dari tanggal 5 – 7 Desember 2011 bertempat di SMAN 1
Malingping yang diikuti Guru-guru Matematika yang berasal dari SMA di
10 kecamatan se-Wilayah Bina 03 Kabupaten Lebak, meliputi: SMAN 1
Gunungkencana, SMAN 1 Banjarsari, SMAN 2 Banjarsari, SMAN 1 Cijaku, SMAN 1
Malingping, SMAN 1 Wanasalam, SMAN 1 Panggarangan, SMAN 1 Bayah, SMAN 2 Bayah,
SMAN 1 Cibeber, SMAN 1 Cihara, SMAN 1 Cilograng, MA Mathaul Anwar
Gunungkencana, MA Nurul Hidayah, MA Darul Ulum, MAS MA Maingping, dan MAS MA
Binuangen.
STRUKTUR PROGRAM DIKLAT
PENILAIAN KINERJA GURU MGMP MATEMATIKA
|
|||||
NO
|
MATA
DIKLAT
|
JUMLAH
JAM
|
PENYAJI
|
||
Teori
|
Praktek/
Latihan
|
||||
1
|
PROGRAM UMUM
|
||||
a.
|
Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru : PKG, PKB,
Bagi Guru Pemula (PIGP)
|
2
|
Badan PSDMP dan PMP atau yang mewakili
|
||
b.
|
Pendidikan Karakter Bangsa
|
2
|
WI LPMP
|
||
2
|
PROGRAM POKOK
|
||||
PenilaianKinerja Guru Tendik
|
|||||
1)
|
Overview PK Guru
|
2
|
9
|
WI LPMP
|
|
2)
|
Mekanisme PK Tendik, Latihandan Tugas-Tugas Mandiri
|
||||
Ujian dan atau Simulasi
|
|||||
1)
|
Ujian tertulis dan simulasi menilai dengan menggunakan perangkat
penilaian/instrumen PK Tendik
|
2
|
9
|
WI LPMP
|
|
2)
|
Membuat rekomendasi dan keputusan hasil penilaian kinerja
|
||||
Menyusun laporan hasil penilaian kinerja Guru dengan Tugas Tambahan
|
2
|
WI LPMP
|
|||
Secara individu sebagai persyaratan penilaian kinerja
|
|||||
3
|
PROGRAM PENUNJANG
|
||||
Ujian
|
2
|
2
|
WI LPMP
|
Hasil keseluruhan
kegiaan terekam dalam lampiran Penilaian Evaluasi, yaitu mulai dari :
1.
Penilaian Evaluasi 1
Penggunaan Indikator Kinerja Guru, Kompetensi 6) menggunakan video segmen 1 dan
2 (LK 2)
2.
Penilaian Evaluasi 2 :
Penggunaan Indikator Kinerja Guru, Kompetensi 6) menggunakan video segmen 3,
4 dan 5 (LK 3).
3.
Penilaian Evaluasi 3 :
Penggunaan Indikator Kinerja Guru,
menggunakan video segmen 1 - 4 (LK 4).
4.
Penilaian Evaluasi 4 :
Kemampuan mempresentasi Pemahaman terhadap Proses PK Guru (LK 5).
5.
Penilaian Evaluasi 5 :
Analisis Hasil Penilaian Kinerja Guru (LK 7).
6.
Penilaian Evaluasi 6 :
Analisis Hasil PK Guru, Identifikasi Kompetensi, Saran Pelatihan dan
Perencanaan PKB (LK 8, 9, 10) .
Diklat
ini telah memberikan pengalaman luar biasa bagi guru matematika yang seyogyanya
dapat dideseminasikan kembali di sekolahnya masing-masing atas bantuan dari
seluruh Kepala Sekolah dalam upaya persiapan pelaksanaan PERMENPAN RB nomor 16
tahun 2009 pada tahun 2013 nanti. Dukungan internal sekolah dan pengawas
sekolah menjadi ujung tombak keberhasilan PK Guru, komitmen pelaksanaan PK guru
harus dapat dipahami sebagai bentuk peningkatan profesionalisme kerja,
peningkatan hasil pembelajaran dan media fasilitasi bagi guru yang memiliki
jiwa aktif, kreatif dan kompeten dalam jabatan fungsionalnya. (Dudi Wahyudi).
PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA GURU MATEMATIKA SMA WILAYAH BINA 03 KABUPATEN LEBAK
Reviewed by Dudi Wahyudi
on
13.18
Rating:
Tidak ada komentar: