PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA GURU MATEMATIKA SMA WILAYAH BINA 03 KABUPATEN LEBAK

PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA GURU MATEMATIKA SMA
WILAYAH BINA 03 KABUPATEN LEBAK

“Dalam rangka pembaharuan sistem pendidikan nasional telah ditetapkan visi, misi dan strategi pembangunan pendidikan nasional. Visi Pendidikan Nasional 2025 adalah dihasilkannya insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif. Dan untuk mencapai visi tersebut melewati pertahapan visi 2014 yakni : Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan Nasional untuk Membentuk Insan Indonesia Cerdas Kompetitif.”

A.      Landasan Kegiatan
Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, profesi guru perlu dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. Selain itu, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan Penilaian Kinerja Guru (PK GURU) yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan.
Menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, PK GURU adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan pengetahuan, penerapan pengetahuan dan keterampilan, sebagai kompetensi yang dibutuhkan sesuai amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Penguasaan kompetensi dan penerapan pengetahuan serta keterampilan guru, sangat menentukan tercapainya kualitas proses pembelajaran atau pembimbingan peserta didik, dan pelaksanaan tugas tambahan yang relevan bagi sekolah/madrasah, khususnya bagi guru dengan tugas tambahan tersebut. Sistem PK GURU adalah sistem penilaian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya melalui pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam unjuk kerjanya. Secara umum, PK GURU memiliki 2 fungsi utama sebagai berikut.

1. Untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Dengan demikian, profil kinerja guru sebagai gambaran kekuatan dan kelemahan guru akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru, yang dapat dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB.

2. Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun tersebut. Kegiatan penilaian kinerja dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari proses pengembangan karir dan promosi guru untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya.

Hasil PK GURU diharapkan dapat bermanfaat untuk menentukan berbagai kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu dan kinerja guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam menciptakan insan yang cerdas, komprehensif, dan berdaya saing tinggi. PK GURU merupakan acuan bagi sekolah/madrasah untuk menetapkan pengembangan karir dan promosi guru. Bagi guru, PK GURU merupakan pedoman untuk mengetahui unsur-unsur kinerja yang dinilai dan merupakan sarana untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan individu dalam rangka memperbaiki kualitas kinerjanya. [1]


B.      Pelaksanaan PK Guru
Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, diantaranya adalah merevitalisasi Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Sehingga keberadaan dan kegiatannya dapat memberikan manfaat langsung baik bagi siswa, guru, sekolah dan masyarakat.
Menurut Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Dikdasmen Depdiknas  (STANDAR KOMPETENSI GURU SMA,  2004 ), terdapat beberapa masalah  yang berkaitan dengan pengembangan profesionalisme guru,  antara lain : (1) adanya keberagaman kemampuan guru.  (2) belum adanya alat ukur yang akurat untuk mengetahui kemampuan guru. (3) pembinaan  yang dilakukan belum mencerminkan kebutuhan, dan (4) kesejahteraan guru yang belum memadai.
MGMP ( Musayawarah Guru Mata Pelajaran ) merupakan salah  satu wadah  guru untuk mengubah dampak negatif dari keberagaman kemampuan guru menjadi potensi yang justru menjadikan guru lebih aktif, kreatif dan inovatif  dalam menjalankan tugas profesionalnya. Melalui keberagaman kemampuannya,   dalam wadah MGMP guru melakukan kegiatan ” silih asah, silih asih dan silih asuh ”.
Pada tahun 2011 pemerintah melalui LPMP Propinsi Banten bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Musyawarah Kelompok Kepala Sekolah (MKKS) menyediakan fasilitasi dalam rangka pelaksanaan revitalisasi KKG dan MGMP berupa Penilaian Kinerja Guru sering disebut PK Guru.
Berlatar belakang hal tersebut di atas, pada tahun 2011  MGMP Matematika  SMA Wilbi 03 Kabupaten Lebak menyelenggarakan kegiatan PK Guru dari tanggal 5 – 7 Desember 2011 bertempat di SMAN 1 Malingping yang diikuti Guru-guru Matematika yang berasal dari SMA di 10 kecamatan se-Wilayah Bina 03 Kabupaten Lebak, meliputi: SMAN 1 Gunungkencana, SMAN 1 Banjarsari, SMAN 2 Banjarsari, SMAN 1 Cijaku, SMAN 1 Malingping, SMAN 1 Wanasalam, SMAN 1 Panggarangan, SMAN 1 Bayah, SMAN 2 Bayah, SMAN 1 Cibeber, SMAN 1 Cihara, SMAN 1 Cilograng, MA Mathaul Anwar Gunungkencana, MA Nurul Hidayah, MA Darul Ulum, MAS MA Maingping, dan MAS MA Binuangen.

STRUKTUR PROGRAM DIKLAT PENILAIAN KINERJA GURU MGMP MATEMATIKA
NO
MATA DIKLAT
JUMLAH JAM
PENYAJI
Teori
Praktek/ Latihan
1
PROGRAM UMUM
a.
Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru : PKG, PKB, Bagi Guru Pemula (PIGP)
2
Badan PSDMP dan PMP atau yang mewakili
b.
Pendidikan Karakter Bangsa
2
WI LPMP
2
PROGRAM POKOK
PenilaianKinerja Guru Tendik
1)
Overview PK Guru
2
9
WI LPMP
2)
Mekanisme PK Tendik, Latihandan Tugas-Tugas Mandiri
Ujian dan atau Simulasi
1)
Ujian tertulis dan simulasi menilai dengan menggunakan perangkat penilaian/instrumen PK Tendik
2
9
WI LPMP
2)
Membuat rekomendasi dan keputusan hasil penilaian kinerja
Menyusun laporan hasil penilaian kinerja Guru dengan Tugas Tambahan
2
WI LPMP
Secara individu sebagai persyaratan penilaian kinerja
3
PROGRAM PENUNJANG
Ujian
2
2
WI LPMP

        Hasil keseluruhan kegiaan terekam dalam lampiran Penilaian Evaluasi, yaitu mulai dari :
1.    Penilaian Evaluasi 1 Penggunaan Indikator Kinerja Guru, Kompetensi 6) menggunakan video segmen 1 dan 2 (LK 2)
2.    Penilaian Evaluasi 2 : Penggunaan Indikator Kinerja Guru, Kompetensi 6) menggunakan video segmen 3, 4  dan 5 (LK 3).
3.    Penilaian Evaluasi 3 : Penggunaan Indikator Kinerja Guru,  menggunakan video segmen 1 - 4 (LK 4).
4.    Penilaian Evaluasi 4 : Kemampuan mempresentasi Pemahaman terhadap Proses PK Guru (LK 5).
5.    Penilaian Evaluasi 5 : Analisis Hasil Penilaian Kinerja Guru (LK 7).
6.    Penilaian Evaluasi 6 : Analisis Hasil PK Guru, Identifikasi Kompetensi, Saran Pelatihan dan Perencanaan PKB (LK 8, 9, 10) .


                   Diklat ini telah memberikan pengalaman luar biasa bagi guru matematika yang seyogyanya dapat dideseminasikan kembali di sekolahnya masing-masing atas bantuan dari seluruh Kepala Sekolah dalam upaya persiapan pelaksanaan PERMENPAN RB nomor 16 tahun 2009 pada tahun 2013 nanti. Dukungan internal sekolah dan pengawas sekolah menjadi ujung tombak keberhasilan PK Guru, komitmen pelaksanaan PK guru harus dapat dipahami sebagai bentuk peningkatan profesionalisme kerja, peningkatan hasil pembelajaran dan media fasilitasi bagi guru yang memiliki jiwa aktif, kreatif dan kompeten dalam jabatan fungsionalnya. (Dudi Wahyudi).



[1] Kemdiknas. 2009. Pedoman PK Guru.
PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA GURU MATEMATIKA SMA WILAYAH BINA 03 KABUPATEN LEBAK PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA GURU MATEMATIKA SMA WILAYAH BINA 03 KABUPATEN LEBAK Reviewed by Dudi Wahyudi on 13.18 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Blog tempat karya guru-guru Matematika Nusantara

Diberdayakan oleh Blogger.