Mengenal LaTeX

Artikel yang saya sajikan ini saya peruntukkan bagi orang yang belum mengenal sama sekali atau yang baru saja mendegar istilah LaTeX. Jadi untuk pengguna LaTeX yang sudah mahir, jangan membaca artikel ini karena Anda tidak akan mendapatkan apa-apa di sini, kecuali bila Anda ingin meberikan saran.
LaTeX adalah aplikasi untuk membuat dokumen, baik dokumen berupa teks sampai dengan dokumen yang sangat kompleks dengan berbagai simbol-simbol ilmiah. Sebagai aplikasi pembuat dokumen, LaTeX mempunyai keunggulan dan kekurangan. Salah satu keunggulan LaTeX di antaranya  lay out atau tata letakhasil dokumennya sangat rapi. Salah satu kekurangan adalah penulisannya agak merepotkan, karena perintahnya serba manual.
Karena Lay Out yang sangat rapi inilah LaTeX sangat cocok untuk membuat dokumen ilmiah, misalnya laporan hasil penelitian, artikel ilmiah, buku, dan lain sebagainya.

Aplikasi LaTex
Untuk membuat dokumen dengan menggunakan LateX tentu diperlukan aplikasi. Aplikasi LaTeX sudah tersedia banyak sekali, baik aplikasi yang bersifat daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan).
Agar kita bisa membuat dokumen dengan menggunakan LaTeX maka setidaknya harus ada 3 aplikasi yang harus dipasang ke dalam komputer, yaitu:

1. Editor

Editor berfungsi untuk menuliskan perintah-perintah LaTeX, misalnya WinEdt, yang dapat diunduh di http://winedt.com

2. Pdf Viewer

Pdf Viewer berfungsi untuk menampilkan dokumen hasil penulisan perintah di Editor. Banyak sekali saat ini aplikasi pdf viewer, misalnya Acrobat Reader

3. Generator

Generator fungsinya adalah mengubah perintah yang ditulis di editor ke dalam bentuk format yang dikehendaki, seperti dalam bentuk pdf. Salah satu aplikasi generator adalah Miktex, yang dapat diunduh di http://miktex.org

Aplikasi Daring
Aplikasi daring artinya untuk menulis dokmen LaTeX harus ada koneksi internet. Aplikasi LaTeX daring yang paing banyak digunakan adalah ShareLaTex, yang bisa diakses melaui tautan http://sharelatex.com
Bila kita menggunakan ShareLatex maka kita tidak direpotkan untuk memasang ketiga aplikasi di atas, karena sudah terpadu menjadi satu. Namun kekurangan harus terkoneksi dengan internet, artinya membutuhkan biaya koneksi internet setiap kali kita membuat dokumen LaTex.

Aplikasi Luring
Untuk membuat dokumen LaTeX luring maka di dalam komputer harus dipasang ketiga aplikasi tersebut. Untuk aplikasi Editor ada yang gratis ada pula yang berbayar. WinEdt adalah aplikasi berbayar, Bagi Anda yang mau gratis jangan  khawatir, karena ada aplikasi gratis dan praktis, karena kita tidak perlu pasang satu persatu ketiga aplikasi tersebut. Karena Editor dan Generator sudah terpadu menjadi satu, Adapun Pdf Viewer pada umumnya sudah ada di komputer seperti Acrobat Reader yang bersifat gratis. Pdf viewer selain itu juga banyak misalnya Foxit, Sumatra Pdf, dan lain-lain. Aplikasi LaTeX itu bernama TexLive 2015, yang dapat diunduh di http://ossm.utm.my/tex-archive/systems/texlive/Images. Namun ukuran filenya sangat besar yaitu 2,7 GB. Ukuran yang sangat besar itu dikarenakan aplikasi ini sangat lengkap dukungan paketnya.

Kesimpulan:
Bila Anda ingin membuat dokumen dengan LaTeX maka ada 2 pilihan aplikasi, yaitu aplikasi daring dan aplikasi luring.
1.      Aplikasi daring, di antaranya adalah ShareLatex

2.      Aplikasi luring di ataranya adalah Editor WinEdt, yang harus dilengkapi dengan Generator Miktex, atau menggunakan aplikasi praktis TexLive 2015.
Mengenal LaTeX Mengenal LaTeX Reviewed by Moch. Fatkoer Rohman on 11.50 Rating: 5

8 komentar:

  1. Sebagai alternatif lainnya, untuk editor daring, adalah Overleaf (https://www.overleaf.com/signup?ref=2638da090472). Meskipun sudah agak lama saya tidak intensif dalam menggunakannya tetapi saya masih membukanya, juga karena relatif banyak tulisan saya tersimpan di sana. Silakan dicoba untuk mendaftar dan menggunakan Overleaf.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Eman....knp saya belum dapat download TeXlive 2015 ....knp not found terus....minta ijin download pak dibukakan servernya...hehehe...maaf danterimakasih

      Hapus
    2. Bisa di download kok, setelah saya muter2 nanya sama google, http://ossm.utm.my/tex-archive/systems/texlive/Images/
      Images pakai huruf I besar.

      Hapus
  2. Bagus tulisannya, bermanfaat sekali informasinya :-)

    BalasHapus
  3. Sip, terima kasih infonya Cak

    BalasHapus
  4. trmksh pa...informasi ini sgt mmbantu krn sy ketinggalan utk ikut dol latex...sy brhrp ada dol latex thp 2...sht dan sukses sll...good job...

    BalasHapus
  5. Cak MOch. Fatkoer Rochman download generatornya di http://miktex.org bukan http://miktex.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas koreksinya. Sudah saya betulkan

      Hapus

Blog tempat karya guru-guru Matematika Nusantara

Diberdayakan oleh Blogger.