SHAHADAT

Muchammad soffa 

Segala puji bagi Alloh seru sekalian alam, menciptakan langit dan bumi beserta isinya. Tiada Tuhan patut di sembah kecuali Alloh dan Muhammad utusan Alloh. Shahadat merupakan kalimat yang terdiri dari tiada tuhan selain Alloh dan Muhammad utusan Alloh. 

Sahabat, dalam rukun islam shahadat menempati urutan pertama, setelah itu salat, puasa zakat dan haji. Mengapa shahadat menepati urutan pertama karena merupakan persaksian, sumpah atau perjanjian yang di ucapkan dengan antara manusia dengan Alloh. Manusia dengan mengucapkan persaksian tersebut mengakui hanya Alloh yang patut di sembah dan tidak mendua. Alloh berfirman “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampur-adukkan iman mereka dengan kezhaliman (syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapat keamanan, dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. al An’am:82) 

Sahabat, pengakuan selain hanya Alloh yang patut kita sembah pengakuan selanjutnya adalah Muhammad utusan atau rosul Alloh. Dengan pengakuan bahwa Muhammad utusan maka perilaku kita hendaknya sesuai dengan perilaku beliau. Dimana perilaku beliau adalah Al Quran dan Al Hadits. Dua pedoman itu yang harus kita amalakan dalam kehidupan sehari. Dengan membaca dan mengamalkan dua kitab tersebut kita semua akan selamat di dunia dan di akhirat. 

Sahabat, hanya orang orang yang beriman di berikan hidayah oleh Alloh. Hidayah atau petunjuk di berikan sesuai dengan kondisi manusia berbeda. Petunjuk ada yang langsung dari bapak dan ibunya beragama islam maka dengan se izin Alloh anaknya mengicapakan dua kalimat shahadat. Ada juga yang melalui proses panjang melalui diskusi mengenai ke Esa an kemudian di dalamnya ada niat kembali ke jalan yang benar. 

Sahabat, Shahadat merupakan pintu gerbang orang beragama islam, setelah mengucapkan dua kalimat itu maka secara lansung menjalankan semua syariat islam. Manusia jangan sekali kali mengingkari apa yang sudah di ucapkan seperti orang munafik. Alloh berfirman dalam surat munafiqun "Apabila orang-orang munafik datang kepadamu, mereka berkata: “Kami mengakui, bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul Allah”. Dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul-Nya; dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya orang-orang munafik itu benar-benar orang pendusta. (QS Al-Munafiqun : 1) 

Sahabat, dua kalimat pengikat hati yang akan menyelamatkan dunia akhirat mari kita jaga sampai maut menjemput. Semoga kita semua tetap di beri keimanan dan jalan yang lurus oleh Alloh. 


fastabiqul khairat 
Kota angin, 7 Juni 2017
SHAHADAT SHAHADAT Reviewed by muchammad soffa on 23.16 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Blog tempat karya guru-guru Matematika Nusantara

Diberdayakan oleh Blogger.