Memuat Berkas Flip Book dalam Blogspot

Mukadimah

Belum ada terjemahan baku untuk flip book, tetapi pada dasarnya (seperti telah Anda ketahui) berupa buku elektronik (e-book) yang menampilkan bagian sudut kanan-atas dan sudut kanan-bawah  buku yang terbuka dan dapat kita balik untuk melihat halaman buku berikutnya (atau sebelumnya). Perhatikan contohnya berikut ini.



Untuk beralih ke halaman berikutnya kita dapat menarik (atau mengklik) bagian sudut kanan-atas atau sudut kanan-bawah dari buku itu, sedangkan untuk kembali ke halaman sebelumnya dilakukan cara semacam itu pada bagian sudut kiri-atas atau sudut kiri-bawah buku itu.

Memuat Berkas Flip Book

Bagaimana cara memuat berkas flip book semacam itu di dalam tulisan pada Blogspot ini?
Pilihan saya jatuh pada FlipSnack, suatu situs yang melayani pembuatan flip book dan dilengkapi oleh fitur untuk berbagi (share), penempelan (embed), dan unduhan (download).
Berkas flip book berasal dari berkas portable document format (PDF) atau Joint Photographic Experts Group (JPEG/JPG). Oleh karena itu kita harus memiliki suatu berkas *.pdf atau *.jpg untuk dijadikan sebagai berkas flip book. Berikut ini urutan langkah untuk memuat berkas flip book di dalam tulisan kita pada Blogspot.
1. Buka situs FlipSnack kemudian unggah (upload) berkas *.pdf atau *.jpg kita (dalam contoh ini saya unggah berkas Garis Khas Segi-3.pdf) dengan mengklik tombol "UPLOAD YOUR PDF FILES".

2. Kemudian klik tombol "SELECT ONE OR MORE PDF OR JPG FILES TO START".

3. Setelah berkas itu terunggah, klik tombol "NEXT".

4. Ubah/isi (bila perlu) kotak "Description", yang menjelaskan tentang isi materi pada berkas yang kita buat. Kemudian (disyaratkan) pilih/klik salah satu "Category" yang bersesuaian dengan berkas tersebut. Bila kategori belum tampak, klik menu "More". Berikutnya klik tombol "EDIT CONTENT".

5. Pada menu "EDIT CONTENT" kita dapat mengatur: ukuran ("Custom size") berkas flip book yang disesuaikan dengan ukuran untuk tulisan pada halaman blog kita; bentuk navigasi ("Navigation effect on mobile") pada handphone/gadget; kendali ("Controls"); bahasa ("Tooltip language"); pengaturan lain ("Other settings"); dan pilihan latar ("Background options"). Setelah selesai, klik tombol "SAVE & PUBLISH".

6. Hingga di sini berkas flip book sudah siap untuk dibagikan melalui berbagai media sosial atau untuk ditempelkan (embed) ke dalam tulisan pada blog.

Untuk menempelkan berkas flip book ke dalam tulisan pada blog, klik tombol "Embed" lalu klik tombol "USE FREE", dan terakhir klik tombol "COPY".

7. Tempelkan (paste) hasil salinan tadi ke dalam tulisan pada blog dalam modus HTML.

Penutup

Bila Anda (guru blogger) ingin berbagi berkas, dengan mempertimbangkan beberapa faktor, dapat mencobanya untuk membaginya dalam bentuk berkas flip book. Semoga tulisan ini bermanfaat.

$\large\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2016

Memuat Berkas Flip Book dalam Blogspot Memuat Berkas Flip Book dalam Blogspot Reviewed by Eman Sulaeman on 19.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Laman Portal Matematika Nusantara

Diberdayakan oleh Blogger.