GURU JUGA HARUS BELAJAR



Seorang guru kadang kita agak kurang bersahabat kalo ada kata-kata Guru harus belajar. Untuk itu harus kita memahami kata-kata itu dengan mandalam. Makna belajar seseorang sebenarnya bisa dikatakan Lifelong Learning (Belajar Sepanjang masa), bahkan ada istilah Belajarlah sampai ke Negeri Cina, artinya sebagai seoarang guru dalam hal belajar adalah hukumnya wajib untuk mencetak generasi yang akan datang.
Berkaitan dengan lifelong learning (Belajar Sepanjang masa), para guru memiliki suatu persyaratan yang mau tidak mau harus dijalani, yaitu belajar, belajar, belajar. Mengapa demikian? Disisi kita sebagai pendidik, kita mewajibkan siswa didik kita bahwa mereka harus belajar setiap hari, berlatih dengan soal-soal dari berbagai mata pelajaran, dan juga ulangan-ulangan yang kadang harus dijalani mereka lebih dari 3 mata pelajaran. Dan jika kita bayangkan, siswa SMA memiliki beban belajar 15 mata pelajaran. Ya, 15 mata pelajaran! Dengan tas yang sangat berat, PR yang menunggu untuk dikerjakan,dan tugas-tugas lain seperti OSIS dan ekstrakurrikuler yang tidak ketinggalan. Kita bisa bayangkan jika kita berada pada posisi mereka. Alangkah senangnya murid kita bahwa gurunya tidak hanya mengajar tetapi juga belajar.
Dan guru disisi lain bertugas untuk mengajar mata pelajaran yang dikuasainya dengan materi yang up to date, metode pengajaran yang menarik siswa untuk belajar, dan dapat memahami segala hal yang terjadi dengan jiwa dan perasaan anak didiknya. Dengan demikian, guru akan lebih bisa mengerti dan memberi arahan bagi siswanya. Disinilah peran guru dapat menjadi seorang inspirator dan motivator bagi siswanya.
Dengan demikian, lifelong learning sudah seharusnya disadari oleh setiap guru. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk belajar sepanjang masa. Beberapa diantaranya adalah membaca buku-buku yang berhubungan dengan profesionalisme guru, buku- buku seperti ini sekarang banyak ditemukan di toko buku terkenal. selain itu guru juga bisa belajar dengan guru lain atau disebut juga dengan peer learning ataupun belajar kelompok. Selain itu, kita bisa belajar dengan para ahli dibidang kependidikan, misalnya menghadiri seminar, workshop, ataupun sekolah ke jenjang lebih tinggi. Yang terakhir ini kadang membutuhkan dana yang tidak sedikit.Bagaimanapun, hal-hal tersebut sangat dibutuhkan bagi guru menjalani proses belajar tersebut. Inilah yang disebut dengan investasi bagi diri sendiri, institusi, dan investasi jangka panjang bagi generasi selanjutnya. Dengan belajar sepanjang masa, guru mendapatkan pengetahuan yang paling baru,tidak ketinggalan jaman sehingga sampai diejek oleh siswanya dan akhirnya ilmu yangdisampaikan hanya sebagai kenangan yang numpang lewat di kepala siswanya.
Semoga dengan kesadaran penuh bahwa guru harus belajar memahami bahwa guru harus belajar sepanjang masa, negara yang kita cintai ini dapat lebih maju dan dapat mengejar ketinggalan dari ilmu dan teknologi dari negara-negara tetangga dengan tanpa meninggalkan budaya Indonesia yang sangat kaya ini.
Salam Sukses Kita semua sebagai Guru yang akan mencerdaskan peserta didik kita semua.
Pernah Di Muat di: http://pendidikan.probolinggokab.go.id/guru-juga-harus-belajar/
GURU JUGA HARUS BELAJAR GURU JUGA HARUS BELAJAR Reviewed by Moh Hariyadi on 11.14 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Blog tempat karya guru-guru Matematika Nusantara

Diberdayakan oleh Blogger.