TIGA KEBUTUHAN DASAR DALAM MENJALIN KOMUNIKASI ONLINE


Rangkasbitung-Lebak.

Manusia dilahirkan sebagai mahluk sosial. hal ini yang mendasari pemikiran bahwa kita hidup harus mampu menjalin komunikasi yang baik. dalam teori komunikasi tentu saja berkembang lebih jauh bahwa komunikasi tidak hanya dilakukan secara langsung atau tatap muka, tetapi bisa dilakukan dimanapun, kapanpun dan bagaimana cara mengkomunikasikannya.
Hidup di era sekarang tentu saja alat komunikasi berkembang sesuai dengan jamannya. Cara berkomunikasi pun berkembang lebih jauh lagi. Dalam tatanan bermasyarakat komunikasi menjadi suatu hal yang mampu mengubah peradaban manusia. Bagaimana orang akan menjadi sesuatu, bagaimana sesuatu akan menjadi berharga semuanya tergantung dari cara berkomunikasi itu sendiri.
Dalam tatanan kerja, alat komunikasi menjadi kebutuhan dasar atau pokok manusia. Di sekolah cara kerja dan efektifitas kerja akan tercapai dengan baik apabila terkomunikasikan dengan baik. Ada banyak cara berkomunikasi, tetapi tidak semuanya memiliki prioritas dan manfaat yang besar dalam menyampaikan informasi. 
Di sini akan dikupas 3 kebutuhan dasar dalam menjalin komunikasi online yaitu :

1. Nomor telepon/ Handphone
Hasil gambar untuk apps
Tentu saja ketika kita bertemu dengan seseorang yang baru kita kenal, hal yang pertama ditanyakan adalah berapa nomor telponnya?  karena setelah pertemuan tersebut kita berharap terus dapat menjalin komunikasi dengan orang tersebut. 
Nomor telepon tentu saja tidak akan berfungsi jika tidak terpasanang dalam handphone. Maka hal tidak kalah pentingnya adalah memilih handphone yang mendukung aktifitas komunikasi secara online. Jenis handphone yang sekarang digandrungi adalah handphone yang support pada beberapa aplikasi (apps). Misalnya jenis Android, tablet, IOS dan lain sebagainya yang mendukung dan mempermudah memahami informasi yang diberikan.
Beberapa apps yang sebaiknya terdaftar dalam kartu/simcard kita adalah fasilitas: Whats app, Blackberry Massenger (BBM), line, kakao talk, Telegram dan lain sebagainya. 

2. Surat Elektronik/ E-mail
 
Setelah kita memiliki nomor telpon, tentu saja hal laiinya yang dapat kita kembangkan adalah bertukar informasi secara legal.     E-mail berkembang jauh sebagai media "resmi" dalam mengirim sesuatu hal. E-mail memiliki karakteristik media yang mampu mengirim file, gambar dan lainnya yang dilakukan secara online (koneksi internet).
Kirim surat resmi, administrasi, dan hal-hal penting lainnya dilaukan di E-mail dengan cepat. Tetapi sebaiknya kita mampu meilih E-mail yang memiliki kemampuan lebih dari itu.
Beberapa E-mail  yang disarankan untuk kita miliki diantaranya : google mail (gmail.com), yahoo mail, dan lain sebagainya.

3. Media Sosial
Hasil gambar untuk gambar media sosial
Setelah poin 1 dan 2 terpenuhi, hal dasar lainnya adalah media sosial. Media soial berkembang jauh sebagai alat komunikasi global yang dapat dilihat oleh semua. Informasi publik dapat segera tersampaikan dengan cepat dan berantai. Hal ini yang mendasari ramainya masyarakat sekarang menggunakan media sosial.
Dalam memberikan informasi, media sosial bisa berfungsi gabungan dari poin 1 dan 2. Berkembangnya fasilitas media sosial memiliki keunikan tersendiri. Seseorang akan memberi stimulus dan orang lainnya akan memberikan respon yang sangat cepat pula, maka karena dirasakan perlu, sebaiknya kita memiliki akun media soaial tersebut.
Beberapa media soaial yang trend digunakan diberbagai segmen diantaranya : Facebook (fb), Twitter, instagram, google plus dan lain sebagainya.

Ketiga kebutuhan dasar tersebut di atas telah penulis lakukan dan sangat ampuh dalam menjalin komunikasi online sehingga kita bisa dikategorikan individu yang selalu up date tidak ketinggalan informasi.

(DW)#bravomatematika

TIGA KEBUTUHAN DASAR DALAM MENJALIN KOMUNIKASI ONLINE TIGA KEBUTUHAN DASAR DALAM MENJALIN KOMUNIKASI ONLINE Reviewed by Dudi Wahyudi on 17.41 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Blog tempat karya guru-guru Matematika Nusantara

Diberdayakan oleh Blogger.